Friedrich-Ebert-Stiftung (FES) adalah yayasan politik tertua di Jerman dengan tradisi demokrasi yang mengakar sejak berdirinya pada 1925. Yayasan ini berikut visinya dibentuk oleh Friedrich Ebert, Presiden Jerman pertama yang dipilih secara demokratis. Sejak awal berdirinya, kerja-kerja yayasan ini didasarkan pada ide-ide inti dan nilai sosial demokrasi, yaitu kebebasan, keadilan dan solidaritas. Sikap ini menyatukan kami dengan keluarga besar sosial demokrat Jerman maupun dunia internasional. Namun, sebagai lembaga nirlaba kami bekerja secara otonom dan independen.

Friedrich-Ebert-Stiftung mendirikan Kantor Perwakilan di Indonesia pada tahun 1968. Dalam kerjanya di tingkat internasional, FES fokus meningkatkan dialog untuk menciptakan saling pengertian dan pembangunan damai. Keadilan sosial dalam politik, ekonomi dan masyarakat adalah beberapa prinsip utama yang kami jalankan di seluruh dunia. Di Indonesia, kami telah melaksanakan berbagai kegiatan untuk mendukung Reformasi Jaminan Sosial, Negara Kesejahteraan, serta Pembangunan Sosial Ekonomi dalam beberapa tahun terakhir.

Program-program yang kami dukung mencakup: Jaminan Sosial dan Negara Kesejahteraan, Pembiayaan Pensiun Berkelanjutan, Penganggaran untuk Masyarakat Miskin, Pembangunan Karakter Nasional, Ekonomi Masa Depan, Pembangunan Sosial Perkotaan, mempromosikan tiga dimensi keberlanjutan dalam pembangunan Indonesia di tingkat nasional dan lokal; mendorong pemberdayaan perempuan; mendorong inklusi penyandang disabilitas ke dalam pasar tenaga kerja, serta mempromosikan Indonesia sebagai rujukan bagi negara-negara lain di kawasan maupun di tingkat internasional dalam hal demokratisasi serta pembangunan sosial-ekonomi dan pembangunan secara damai.

Kegiatan FES Indonesia berpusat pada kerjasama dengan kementerian mitra, yaitu Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) dengan dasar MoU Kerja Sama. Dalam pelaksanaan kegiatannya, FES juga bekerja sama dengan berbagai Lembaga negara, universitas serta organisasi masyarakat sipil melalui berbagai perangkat seperti konferensi, seminar, lokakarya, diskusi meja bundar, pelatihan, permainan peran, beasiswa dan publikasi. FES Indonesia juga memfasilitasi dialog internasional dengan mengirimkan delegasi resmi, ahli, akademisi dan jurnalis senior ke Jerman maupun negara lainnya. Dalam sejumlah kesempatan, kami mengundang para pembuat kebijakan, profesional maupun akademisi Jerman dan Eropa untuk menjadi pembicara di Indonesia.

Lebih lanjut tentang FES Indonesia

Organizer

Program Coordinator  Friedrich-Ebert-Stifutng  Indonesia Office

Mian Manurung

Program Officer Friedrich-Ebert-Stiftung  Indonesia Office

Elda Claudia